About me

Feeds RSS
Feeds RSS

Selasa, Oktober 14, 2014

#PINTERNET (Pengertian dan Sejarah Internet)

1.        PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET
a.     Pengertian Internet

Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan adanya teknologi, manusia bisa saling berhubungan dengan mudah. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah “internet” karena dengan adanya internet banyak informasi berharga yang dapat diambil dengan mudah. Seperti yang telah diketahui, sekarang ini manusia modern sudah tidak bisa terlepas dari internet.



·      Menurut O`Brien (2003) “Internet merupakan jaringan yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara”.

·      Menurut Allan (2005) “Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protokol (IP) Transmissin Control Protocol (TCP”. 

·        Menurut pendapat saya, “Internet adalah jaringan yang ada pada komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya secara langsung dengan jaringan yang ada di seluruh dunia”.

b.         Sejarah Internet
1)  Pada Agustus 1962, penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network”.

2)  Pada Oktober 1962, beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.

3)  Pada tahun 1966, Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer/ Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967.


4)    Pada tahun 1972, Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.”

5) Pada tahun 1982, ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

6) Pada tahun 1983, John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS).

7)  Pada tahun 1984, DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.

8)   Pada tahun 1988, Internet Relay Chat disingkat IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen yang berguna untuk malakukan chatting secara online melalui komputer.

9)  Pada tahun 1990, World Wide Web (WWW) diluncurkan oleh CERN di Jenewa, Swis. Tim Berner Lee menciptakan Hypertext Markup Laungage atau disingkat html yang menggunakan URL untuk pengalamatan Web. HTML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menyusun tampialn WEB.

10)   Pada tahun 1993, InterINC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.

11)  Pada tahun 1996, perusahaan komputer Dell mulai menjual komputer melalui internet. pembeli bisa memilih komputer dan perangkat keras yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Sumber Pengertian dan Sejarah Internet   :
3.   http://www.mint.web.id/2013/03/pengertian-internet-dan-sejarah.html
4.   http://animasigrafiscomputer.blogspot.com/2014/06/sejarah-internet.html
6.   http://www.artikeltik.com/sejarah-internet.html
8.  Arief Ramadhan (2005). Seri Pelajaran Komputer “Internet dan Aplikasinya”.
9.   Bina Sarana Informatika (2008). Modul Komunikasi Data
10.http://www.kampus-info.com/2012/11/pengertian-internet-dan-sejarahnya.html

0 komentar:

Posting Komentar