1. DAMPAK
INTERNET
I.
KAJIAN TEORI
Internet saat ini banyak
berperan dalam kehidupan manusia dan kemajuan teknologi saat ini mendukung pula
peran tersebut sehingga teknologi komputer dan internet dimanfaatkan pada
berbagai bidang seperti misalnya mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur
keuangan keluarga, mendengarkan musik, menonton video, dan menikmati permainan.
Kepentingan Pemanfaatan Internet
Horrigan (2002) menggolongkan aktivitas-aktivitas
internet yang dilakukan para pengguna internet menjadi empat kelompok
kepentingan pemanfaatan internet, yaitu:
1. Email
2. Aktivitas kesenangan (Fun activities) yaitu aktivitas yang sifatnya
untuk kesenangan atau hiburan.
3. Kepentingan informasi (Information utility) yaitu aktivitas
internet untuk mencari informasi.
4. Transaksi (Transaction), yaitu aktivitas transaksi (jual beli)
melalui internet.
II.
DAMPAK PEMANFAATAN INTERNET
Di Indonesia, perubahan dalam tatanan kehidupan
masyarakat juga telah dirasakan akibat masuknya pengaruh internet. Teknologi
ini sudah dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat. Remaja sebagai salah
satu pengguna fasilitas internet belum mampu memilah aktivitas internet yang
bermanfaat. Mereka juga cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungan sosial
tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu efek positif atau negatif yang akan
diterima saat melakukan aktivitas internet.
Dan disini saya akan membahas dan menjelaskan apa
saja dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet menurut jurnal yang
ditulis oleh Elfan Rahardiyan dalam
judulnya “Pemanfaatan Internet dan
Dampaknya pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Surabaya”, yaitu :
A. DAMPAK POSITIF
1) Internet sebagai Media Informasi
Informasi di internet sangatlah baru dan selalu
diperbaharui setiap waktunya, terlebih lagi internet berhubungan dengan
informasi di seluruh dunia. Para pencari informasi akan tetap bisa mencari
informasi tanpa terhalangi oleh jarak dan tempat dengan adanya Google, Yahoo,
dan website-website yang lainnya.
2) Internet sebagai Media Komunikasi
Internet bisa digunakan
sebagai media komunikasi dengan orang lain diseluruh dunia ini. Contoh media
yang sering digunakan untuk berkomunikasi adalah facebook, twitter, dll. Selain
itu internet juga dapat digunakan untuk mengirim E-mail dan bahkan bisa
berkomunikasi langsung lewat telephone via online.
3) Internet sebagai Media Pembelajaran atau Pendidikan
Perkembangan Internet yang begitu cepat telah mengubah banyak aspek dalam
proses komunikasi data komputer, setelah jaringan internet barubah menjadi
jaringan global, banyak aplikasi baru berkembang untuk menunjang keefektifan
data dalam jaringan internet. Fungsi internet pun kini sudah di rasakan oleh
pelajar ataupun mahasiswa. Seperti mencari referensi tugas, belajar dengan
e-book, dan sebagainya.
4) Internet sebagai Media Hiburan
Internet kini diolah
sedemikian rupa hingga tersedia software atau aplikasi yang menunjang dan
mengasah pendidikan dengan belajar melalui internet. Beberapa game yang menjadi
hiburan pun juga diaplikasikan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Dengan animasi menarin membuat anak menjadi tertarik dengan game
yang bisa mengasah pendidikannya.
5) Internet sebagai Media Bisnis dan Perdagangan
Internet juga bisa
dimanfaatkan sebagai bisnis dan perdagangan. Internet tidak hanya untuk mencari
data atau informasi yang dicari saja, tetapi dapat digunakan sebagai tempat
berjualan barang dan jasa. Dengan adanya E-commerce memudahkan pembeli untuk
berbelanja tanpa harus mendatangi Mall atau tempat jual beli barang yang diinginkan.
B.
DAMPAK
NEGATIF
1) Internet Menyebabkan
Berkurangnya Sifat Sosial
Di zaman yang modern ini membuat kita semua terpengaruh dan tidak bisa
terlepas dari teknologi informasi khususnya internet. Dengan adanya internet
bisa membuat mudah segala sesuatu yang diinginkan oleh seseorang. Namun dibalik
kesenangan yang diberikan tanpa sadar menggunakan internet secara berlebihan
juga membawa dampak negatif bagi kita, contohnya adalah membuat seseorang
menjadi jauh dengan lingkungan sosialnya dan hanya terfokus pada dunia mayanya
atau internet.
2) Perjudian
Perjudian kini telah
marak berkembang didunia maya. Kini para pelaku perjudian menyalahgunakan
internet sebagai ajang berjudi secara online. Ini dikarenakan internet dapat
berkomunikasi dengan jarak tak terhingga dan bisa berjudi secara jarak jauh dan
aman.
3)
Penipuan
Transaksi jual beli melalui media elektronik atau internet yang biasa
disebut electronic commerce atau disingkat ecommerce merupakan sebuah fenomena
baru dalam dunia perdagangan yang mulai berkembang pesat belakangan ini.
Menurut jurnal yang
ditulis oleh Rikmal Hadi dalam
judulnya “Meminimalisir Terjadinya Penipuan Dalam Transaksi Online”, menurut
penelitian yang dilakukannya menunjukan bahwa dalam transaksi online
terdapat beberapa kecurangan yang sering dilakukan oleh Merchant yang
mengakibatkan kerugian terhadap Customer, penipuan ini terjadi disebabkan
kerena kurangnya ketelitian dan pengetuan masyarakat terhadap ecommerce.
4) Pornografi
Internet selain bisa
menguntungkan penggunanya, bisa juga merugikan. Menurut jurnal yang ditulis
oleh Atmasari dan Berlian Nurita
dalam judulnya “Penegakan hukum Terhadap Kejahatan Mayantara tentang Pornografi
(Cyberporn)”, ia memberikan contoh dampak negatif internet adalah Cyber pornography/sex yaitu bentuk kejahatan kesusilaan yang
menggunakan internet sebagai media utama dalam penyebaran segala sesuatu yang
mengandung unsur porno dan seksual.
Hadirnya media internet secara global menyebabkan siapa saja dapat untuk
mengakses situs-situs yang tersedia secara mudah. Ketentuan tentang pornografi
dalam dunia maya tidak saja hanya berupa tindak pidana penyebaran gambargambar
yang dianggap tabu / porno untuk dipertontonkan kepada publik, melainkan juga
dimanfaatkan sebagai media transaksi prostitusi secara online
5)
Timbulnya Cyberbullying
Dalam jurnal yang ditulis oleh Flourensia Sapty Rahayu yang berjudul “Cyberbullying Sebagai Dampak
Negatif Penggunaan Teknologi Informasi”, menjelaskan bahwa Cyberbullying adalah perlakuan yang
ditujukan untuk mempermalukan, menakut-nakuti, melukai, atau menyebabkan
kerugian bagi pihak yang lemah dengan menggunakan sarana komunikasi Teknologi
Informasi atau dengan internet.
6) Kecanduan
Jika seseorang telah
merasa nyaman dengan dunia internet, maka akan timbul dalam dirinya rasa tidak
peduli dengan waktu ataupun dengan lingkungan sosialnya. Hal inilah yang akan menyebabkan ketergantungan kepada internet
bahkan kecanduan untuk pelaku game online dan jejaring sosial media. Tentu dibutuhkan perhatian khusus dari pihak
orangtua agar anaknya yang masih dibawah umur tidak mengalami kesimpangan
sosial karena internet.
KESIMPULAN
Internet selain
mempunyai dampak positif bagi kehidupan manusia di zaman modern ini, juga
mempunyai dampak negatif yang tanpa kita sadari dan mungkin saja bisa
membahayakan kita. Internet memang membuat semua hal yang kita ingin lakukan
seperti mencari informasi, menambah pengetahuan ataupun sebagai ajang mencari
hiburan dibuatnya dengan mudah. Namun, dibalik kesenangan yang kita dapat dari
internet tersebut terdapat juga sisi negatif yang diberikan oleh internet.
Satah satunya adalah membuat kita kecanduan internet. Jika seseorang sudah
kecanduan dengan internet, mereka akan lupa dengan segalanya. Penipuan pun kini
juga marah di jejaring internet ini. Orang-orang yang tak bertanggung jawab
membuat akun seperti jual beli online yang tidak bisa dipercaya begitu saja.
Maka kita sebagai pengguna internet haruslah dengan cerdas dalam menggunakan
internet agar tidak terjaring sisi negatif dari internet tersebut.
SUMBER REFERENSI
Atmasari
dan Berlian Nurita, 2011. Penegakan hukum Terhadap Kejahatan Mayantara tentang
Pornografi (Cyberporn).
Elfan Rahardiyan, 2014. Pemanfaatan Internet dan Dampaknya pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di
Surabaya. Volume 3,
Nomor 1, 1-14.
Flourensia Sapty Rahayu, 2012. Cyberbullying
Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi. Volume 8, Nomor 1,
22-31.
Giarti
Slamet, 2010. Dampak Negatif (Unitended Conseguence) dan Upaya Pengendalian
Teknologi Informasi. Volume 3, Nomor 6, 1-13.
Rikmal
Hadi. Meminimalisir Terjadinya Penipuan dalam Transaksi Online.
0 komentar:
Posting Komentar