About me

Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, Oktober 30, 2014

#PINTERNET (PSIKOTERAPI VIA INTERNET)

3. PSIKOTERAPI VIA INTERNET
  I.  KAJIAN TEORI
Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang. Pengobatan dengan cara psikologis dari masalah yang bersifat emosional dimana seseorang terlatih sengaja membangun hubungan profesional dengan pasien dengan tujuan :
      -          Menghapus, mengubah atau menghambat gejala
      -          Yang terganggu pola mediasi perilaku
      -          Meningkatkan pertumbuhan kepribadian yang positif.
Dapat disimpulkan bahwa psikoterapi adalah adanya proses interaksi antara 2 pihak (atau lebih) yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan yang tidak menyenangkan.

  II.           MACAM-MACAM PSIKOTERAPI VIA INTERNET
1.        Konseling Online atau E-Konseling
Menurut jurnal yang ditulis oleh Zadrian Ardi dan Frischa Meivilona Yendi dalam judulnya “Konseling Online : Sebuah Pendekatan Teknologi dalam Pelayanan Konseling”, Konseling didesain untuk menolong klien memahami dan menjelaskan pandangan mereka terhadap kehidupan dan untuk membantu mencapai tujuan penentuan diri (self-determinan).


Pada awalnya konseling hanya sebatas pertemuan tatap muka (face to face) antara Konselor dan Klien, namun saat ini konseling juga dapat diselenggarakan dengan berbagai media yang memungkinkan hubungan konseling jarak jauh (Prayitno, 2012: 136).
Beberapa keuntungan yang diperoleh melalui konseling online adalah :
  1. Terdapat rekaman yang permanen selama proses konseling berlangsung, hal ini akan sangat bermanfaat bagi klien, konselor maupun supervisor konselor.
  2.  Seni mengetik akan membantu individu untuk merefleksikan pengalamannya,.
  3.  Klien dapat mengekspresikan perasaannya dalam kondisi “sekarang”, klien dapat segera mengetik dan mengirimkan email ketika sedang merasa depresi atau mengalami gejala panik tanpa harus menunggu hingga sesi konseling berikutnya (Murphy and Mitchell, dalam John McLeod, 2009: 553).

2.        Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Komputer
Menurut jurnal yang ditulis oleh Zakiyah dalam judulnya “Pengaruh dan Efektifitas Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Komputer Terhadap Client Cemas dan Depresi”, mengatakan bahwa Kecemasan dan Depresi merupakan bentuk gangguan jiwa yang paling umum terjadi. Perawatan dan pengobatan yang efektif untuk gangguan cemas dan depresi sangat diperlukan agar individu yang mengalami gangguan tersebut dapat kembali produktif dalam memenuhi kebutuhan hidup, tidak bergantung pada orang lain, dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Dapat disimpulkan bahwa :
       1)          Cognitive Behavioral Theraphy (CBT) merupakan gabungan terapi kognitif dan terapi perilaku yang dirancang untuk merubah pola pikir negatif menjadi positif sehingga individu memiliki kemampuan untuk bereaksi secara adaptif dalam menghadapi masalah atau situasi sulit dalam setiap fase kehidupan.
       2)           CBT efektif dan banyak dilakukan pada pasien-pasien gangguan mental/ kecemasan,
       3)           CBT belum dapat diaplikasikan secara optimal karena keterbatasan biaya, akses, dan praktisi ahli,
       4)           CBT efektif dalam menurunkan gejala depresi dan kecemasan, dan efesien dari segi biaya.

3.        Tes Personality Plus Berbasis Web
Menurut jurnal yang ditulis oleh Tadhan dan Florensa Rosani Purba dalam judulnya “Aplikasi Test Personality Plus Berbasis Web”, mengatakan bahwa Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda karena itu sering terjadi masalah atau konflik yang disebabkan kesalahpahaman antar individu. Dalam ilmu psikologi, teori tentang jenis kepribadian manusia yang berbeda-beda banyak dikemukakan oleh pakar. Salah satu teori yang paling popular adalah Personality Plus oleh Florence Littauer. 

Dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah melakukan tes kepribadian tanpa harus menggunakan kertas sehingga hasilnya pun dapat langsung diperoleh. Melalui aplikasi ini diharapkan pengguna dapat menambah pengetahuan tentang macam-macam kepribadian seseorang dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

4.        Psikotest Berbasis Web untuk Menilai Kehidupan dan Keyakinan Karir
Menurut jurnal yang ditulis oleh Hendri Christianto dan Endi Putro dalam judulnya “Aplikasi Psikotest untuk Mengukur Nilai-nilai Kehidupan dan Keyakinan Karir Berbasis Web”, mengatakan bahwa nilai-nilai kehidupan dan keyakinan karir adalah tes psikologi yang dapat menilai karakter seseorang dan mengetahui seberapa besar keyakinan karir seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. 
Dizaman yang modern seperti ini aplikasi tes psikologi bisa dilakukan dengan berbasis website untuk mendapatkan hasil tes yang cepat dan efisien. Tes psikologi berbasis website dilakukan oleh client satu kali, dimana pun, kapan pun sepanjang client yang bersangkutan terdaftar oleh admin. Proses selanjutnya yang dilakukan oleh client adalah memilih jawaban setiap pertanyaan yang disediakan pada halaman website. Hasil tersebut digunakan oleh konselor untuk menganalisis seberapa besar keyakinan karir seseorang dalam mengambil sebuah keputusan dan menilai karakter seseorang agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa psikoterapi online adalah suatu pengobatan psikologi dengan cara melalui online atau berbasis web yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit client yang berhubungamn dengan psikologi. Psikoterapi online tentu saja sangat berguna bagi client atau pasien, karena client tidak perlu datang ke tempat konselor cukup dengan membuka alamat web dan mengisi beberapa pertanyaan client sudah bisa mendapatkan solusi nya dengan cepat dan efisien.

SUMBER REFERENSI
Hendri Christianto dan Endi Putro, 2013. Aplikasi Psikotest untuk Mengukur Nilai-nilai Kehidupan dan Keyakinan Karir Berbasis Web. Volume 2, Nomor 7, 287-294.

Ifdil, 2013. Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Volume 1, Nomor 1, 15-21. ISSN : 2337-6880.

Tadhan dan Florensa Rosani Purba, 2012. Aplikasi Test Personality Plus Berbasis Web. Volume 1, Nomor 3, 327-337.

Zadrian Ardi dan Frischa Meivilona Yendi, 2013. Konseling Online : Sebuah Pendekatan Teknologi dalam Pelayanan Konseling. Volume 1, Nomor 1, 1-5. ISSN : 2337-6880.

Zakiyah, 2014. Pengaruh dan Efektifitas Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Komputer Terhadap Client Cemas dan Depresi. Volume 1, Nomor 1, 75-80. ISSN : 2338-7793.

0 komentar:

Posting Komentar