About me

Feeds RSS
Feeds RSS

Sabtu, Maret 26, 2016

PSIKOTERAPI - Client Centered Therapy

A.          Pengertian Client Centered Therapy
Carl R. Rogers mengembangkan Client Centered Therapy sebagai reaksi terhadap apa yang disebutnya keterbatasan-keterbatasan mendasar dari psikoanalisis. Pada hakikatnya, pendekatan client centererd adalah cabang dari terapi humanistik yang menggaris bawahi tindakan mengalami klien berikut dunia subjektif dan fenomenalnya. Pendekatan client centered ini menaruh kepercayaan yang besar pada kesanggupan klien untuk mengikuti jalan terapi dan menemukan arahnya sendiri. Menurut Rogers yang dikutip oleh Gerald Corey menyebutkan bahwa: terapi client centered merupakan tekhik konseling dimana yang paling berperan adalah klien sendiri, klien dibiarkan untuk menemukan solusi mereka sendiri terhadap masalah yang tengah mereka hadapi

Jadi terapi client centered adalah terapi yang berpusat pada diri klien, yang mana seorang konselor hanya memberikan terapi serta mengawasi klien pada saat mendapatkan pemberian terapi tersebut agar klien dapat berkembang atau keluar dari masalah yang dihadapinya.

B.          Tujuan Client Centered Therapy
        Tujuan dasar dari layanan client centered yaitu sebagai berikut:
1.    Keterbukaan kepada pengalaman
Keterbukaan pada pengalaman perlu memandang kenyataan tanpa mengubah empati yang cermat dan dengan usaha untuk memahami kerangka acuan internal klien, terapis memberikan perhatian terutama pada persepsi diri klien dan persepsinya terhadap dunia.
2.    Kepercayaan terhadap organisme sendiri
Pada tahap permulaan terapi, kepercayaan klien terhadap diri sendiri dan terhadap putusan-putusannya sendiri sangat kecil. Mereka secara khas mencari saran dan jawabanjawaban dari luar kairena pada dasarnya mereka tidak mempercayai kemampuan dirinya untuk mengarahkan hidupnya sendiri.
3.    Tempat evaluasi internal
Tempat evaluasi internal yang berkaitan dengan kepercayaan diri, berrati lebih banyak mencari jawaban-jawaban pada diri sendiri bagi masalah-masalah keberadaannya.
4.    Kesediaan untuk menjadi suatu proses
Meskipun klien boleh jadi menjalani terapi untuk sejenis formula untuk membangun keadaan berhasi dan berbahagia , mereka menjadi sadar bahwa pertumbuhan adalah suatu proses yang berkesinambungan

C.          Ciri-ciri Client Centered Therapy
Ciri- ciri konseling berpusat pada person sebagai berikut:
1.   Fokus utama adalah kemampuan individu memecahkan masalah bukan terpecahnya masalah
2.     Lebih mengutamakan sasaran perasaan dari pada intelek
3.     Masa kini lebih banyak diperhatikakan dari pada masa lalu
4.     Pertumbuhan emosional terjadi dalam hubungan konseling
5.  Proses terapi merupakan penyerasian antara gambaran diri klien dengan keadaan dan pengalaman diri yang sesungguhnya
6.     Hubungan konselor dank lien merupakan situasi pengalaman terapetik yang berkembang menuju kepada kepribadian klien yang integral dan mandiri.
7.     Klien memegang peranan aktif dalam konseling sedangkan konselor bersifat pasif.

D.          Prosedur dalam Client Centered Therapy
Dilihat dari segi pengalaman klien dalam proses hubungan konseling dapat di jabarkan bahwa proses konseling dapat di bagi menjadi empat tahap, yaitu:
1.      Klien datang ke konselor dalam kondisi tidak kongruensi, mengalami kecemasan, atau kondisi penyesuaian diri tidak baik.
2.    Saat klien menjumpai konselor dengan penuh harapan dapat memperoleh bantuan, jawaban atas permasalahan yang hsedang dialami, dan menemukan jalan atas kesulitan- kesulitannya.
3.      Pada awal konseling klien menunjukkan perilaku, sikap, dan perasaannya yang kaku. Dia menyatakan permasalahan yang dialami kepada konselor secara permukaan dan belum menyatakan pribadi yang dalam.
4.  Klien mulai menghilangkan sikap dan perilaku yang kaku, membuka diri terhadap pengalamannya, dan belajar untuk bersikap lebih matang dan lebih teraktualisasi, dengan jalan menghilangkaln pengalaman yang dialaminya.

Sumber :
Fajariyah, Aulatun (2011) EFEKTIVITAS LAYANAN TERAPI CLIENT CENTERED DALAM MENGATASI SISWA TIDAK PERCAYA DIRI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nama : Nurul Syifana
NPM  : 16513741


0 komentar:

Posting Komentar